INFO ANYAR | UAS Mata Kuliah Hukum Bisnis dilaksanakan tanggal 10-06-2016 pukul 14.00 - 15.30 | RKAKL Online Klik Disini | Chek in Online Garuda Klik Disini | Cek Garuda Miles Klik Disini | Materi MK Hukum Bisnis, Lihat Pada Menu Materi Kuliah Hkm. Bisnis |

24 Maret 2012

Memahami Beberapa Istilah dalam Bisnis Online (PTC, PPC, Afiliasi, de el el)

Putar otak, itu yang mungkin pertama kali memotivasi ane untuk memahami lebih jauh tentang iklan-iklan yang sering tayang di web atau blog. Banyak istilah yang harus ane fahami (apalagi ane ngajar mata kuliah IT For Business masbro..) seperti PTR, PTC, PPC, CPM, Affiliate dll. Usut punya usut, selama beberapa minggu ini ane banyak mendapatkan pencerahan tentang dunia bisnis online setelah sekian lama membiarkan blog ane tanpa dimonetisasi yang membuat kegiatan blogwalking dan ngeblogpun jadi kurang semangat. Beruntung ane masih megang mata kuliah IT For Bussines dan mempunyai beberapa artikel draft yang tersimpan dan siap diluncurkan sehingga tidak terlalu memusingkan ane untuk update artikel.

Mengingat akan kejenuhan tersebut, maka ane berinisiatif dengan jalan lain. Yaitu dengan chat dengan kawan-kawan blogger lain untuk refreshing sekaligus mencari cara seputar bisnis online.

Dari hasil penelusuran melalui mbah Google, didapati istilah-istilah baru program bisnis untuk para blogger/Internet Marketing. Setidaknya ane temukan 7 Istilah Program Bisnis Online Yang Tersedia di dunia maya (bukan mbak maya lho gan...) yaitu :

1. PTR
PTR adalah singkatan dari paid to review. Artinya adalah seseorang akan dibayar ketika orang mengerjakan job dari advertiser tentang sebuah produk tertentu. job review yang nanti diterima oleh seorang pembuat review dikerjakan sendiri dan nantinya hasil review anda harus diposting di blog sendiri.
Untuk mendaftarkan blog anda ke dalam PTR pun menggunakan beberapa syarat biasanya Pagerank yang besar dan traffic yang bagus sebagai modal utama, serta sebagian lagi mensyaratkan ada yang mensyaratkan memakai blog premium serta artikel berbahasa inggris

2. PTC
PTC adalah singkatan dari Pay To Clik, artinya dibayar kita akan dibayar dengan mengklik iklan yang telah disediakan oleh pihak advertiser/pembuat iklan. Tugas kita mengklik iklan yang telah disediakan oleh penyedia jasa PTC dan mendiamkannya selama 30 detik sebelum beralih ke iklan yang lain

3. PPC
Pay Per Click atau biasa di singkat PPC adalah model periklanan internet yang digunakan pada situs dimana pengiklan membayar pemilik situs hanya ketika iklan mereka di klik dan Pemilik blog akan dibayar oleh pengiklan melalui broker untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung blog mereka.
Prinsipnya adalah seperti ngekosin rumah, dalam hal ini PPC menyewa sebagian space website anda untuk iklan kerjasama dan Anda dibayar karena membantu menayangkan iklan mereka

4. Affiliate
Pengertian affiliate adalah sebuah sistem kerjasama antara si penerbit iklan dan pemilik iklan dimana jika transaksinya berhasil mendaftar atau membeli produk tersebut.
Sebagian orang menyebutkan bahwa affiliate adalah sama dengan referral, yaitu membeli suatu produk dari seorang yang mereferensikannya kepada kita.

5. CPM
Cost Per Million atau CPM adalah anda akan dibayar setiap iklan anda sudah ditayangkan 1000 kali. Hampir sama dengan PPC namun jika PPC berdasarkan standar klik, namun CPM berdasarkan jumlah tampilan berdasarkan unique visitor atau lebih mudahnya dari search engine.

6. PTR ke-2
Terpaksa ane harus membedakan PTR yang satu ini dengan PTR yang pertama.
PTR ke-2 ini adalah Paid To Read dimana kita dibayar untuk membaca dan memberikan rating atau penilaian pada artikel yang mereka sediakan.
Cara kerjanya hampir sama dengan PTC namun bayarannya sedikit besar. Jika di PPC biasanya membayar $ 0,001 perklik namun PTR ini membayar $0,01-$0,2 atau 1-20 cent per artikel. Rata-rata perhari ada puluhan artikel yang disediakan untuk dibaca. Jika balance kita sudah mencapai $50, maka bayaran bisa diambil melalui paypal atau yang lain.

7. PTS
PTS atau Paid To Surf artinya kita akan dibayar jika surfing dari search engine dengan keyword yang mereka berikan dan link yang dituju. Namun banyak yang mengatakan bahwa bisnis PTS ini banyak yang scam.

Demikian mas bro sedikit pengantar daftar bisnis online, mungkin masih banyak lagi. memang ada sebagian dari bisnis online, kita harus memiliki yang namanya paypal sebagai alat transaksi kita nantinya. Untuk tahu lebih jauh bagaimana memahami bisnis afiliasi silahkan klik DISINI, atau DISINI dan DISINI


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar