INFO ANYAR | UAS Mata Kuliah Hukum Bisnis dilaksanakan tanggal 10-06-2016 pukul 14.00 - 15.30 | RKAKL Online Klik Disini | Chek in Online Garuda Klik Disini | Cek Garuda Miles Klik Disini | Materi MK Hukum Bisnis, Lihat Pada Menu Materi Kuliah Hkm. Bisnis |

24 Maret 2012

Aspek Pengamanan Terhadap Informasi

Pengaman SI
Dalam dunia komputerisasi yang serba digital seperti sekarang, keamanan dan keaslian informasi sudah menjadi hal yang penting. Aspek pengamanan terhadap sebuah informasi, menjadi bagian integral yang tidak terpisahkan dari sistem komputerisasi dalam Sistem Informasi Manajemen. Apa dan bagaimana keharusan kita membuat sebuah sistem scurity guard terhadap informasi berbasis online, mungkin tulisan ini memberi jawabannya.

Seperti dikatakan Mas Yasir Utomo, Sudah banyak tutorial, tips, trik dan lain sebagainya untuk menjaga agar informasi menjadi aman dari berbagai masalah-masalah yang bisa saja timbul seperti penyadapan lalulintas informasi hingga pemalsuan informasi. Akan tetapi cara dan teknik orang yang Tak bertanggung jawab dalam menyerang sebuah sistem komputer untuk mendapat informasi yang tidak diperuntukan untuknya juga semakin berkembang. Sehingga ketika membahas masalah keamanan informasi seakan tidak ada habisnya.

Dari sekian banyak cara yang tersebar di internet dan dibuku-buku tentang keamanan informasi, sebenarnya ada 8 aspek yang jika semua dapat  dipenuhi dan dijalankan dengan baik maka keamanan informasi dapat terjaga dengan baik pula. Ke delapan aspek tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Aithentication : agar penerima informasi dapat memastikan keaslian pesan tersebut datang dari orang yang dimintai informasi. Artinya informasi yang diterima benar dari orang yang dikehendaki.
  2. Integrity : keaslian pesan yang dikirim melalui sebuah jaringan dan dapat dipastikan dapat dipastikan pesan yang dikirim tidak dapat dimodifikasi oleh orang yang tidak berhak dalam perjalan pengiriman informasi tersebut.
  3. Non Repudiation : merupakan hal yang bersangkutan dengan sipengirim informasi. Si pengirim tidak dapat mengelak dialah yang mengiriim informasi tersebut.
  4. Authority : Informasi yang berada pada sistem jaringan tidak dapat dimodifikasi oleh orang yang tidak berhak.
  5. Confidentiality : merupakan usaha untuk menjaga informasi dari orang yang tidak behak mengakses. Aspek ini biasanya behubungan dengan informasi yang diberikan kepada pihak lain.
  6. Privacy : lebih kearah data-data yang sifatnya private.
  7. Availability : ketersediaan hubungan dengan ketersediaan informasi ketika dibutuhkan. Sistem informasi yang diserang atau dijebol dapat menghambat atau meniadakan akses keinformasi.
  8. Access Control : Aspek ini behunbungan dengan cara pengaturan akses kepada infomasi. Aspek ini berhubungan dengan aspek Authentication dan Privacy. Access Control seringkali dilakukan dengan kombinasi user id dan password atau dengan mekanisme lainnya.

--------Best Regard----------
Aghaku

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar