INFO ANYAR | UAS Mata Kuliah Hukum Bisnis dilaksanakan tanggal 10-06-2016 pukul 14.00 - 15.30 | RKAKL Online Klik Disini | Chek in Online Garuda Klik Disini | Cek Garuda Miles Klik Disini | Materi MK Hukum Bisnis, Lihat Pada Menu Materi Kuliah Hkm. Bisnis |

25 April 2014

Rawon Setan Hanya di Jalan Embong Malang Surabaya

"Belum sampai Surabaya bila belum makan di Rawon Setan", demikian ucapan kebanyakan orang... Dengan kata lain, berkunjung ke Surabaya rasanya kurang lengkap jika tidak mencicipi Rawon Setan yang namanya kian melegenda itu. Dari Hotel 88 tempatku menginap, cukup ditempung dengan jalan kaki smabil menikmati pemandangan pedestrian yang bersih dan beberapa bunga sakura dipinggirnya. Lokasi Warung Rawon Setan tepat berseberangan dengan Hotel JW Marriot Surabaya.

Ada hal yang memang mengurangi indahnya pemandangan. Sepanjang jalan Tunjungan, lebih dari 7 gedung yang saat ini mangkrak dan tidak diteruskan pembangunannya. Konon menurut beberapa penuturan, gedung-gedung tersebut ada yang sampe tahunan tidak terurus lagi.

Kembali ke Rawon setan, Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur, berbentuk sup berwarna hitam. Rawon disajikan dengan campuran tauge mentah yang akan memunculkan sensasi rasa dan aroma yang menyenangkan ketika dimakan berbarengan dengan kuah rawon yang pekat. Tak lupa taburan bawang merah goreng yang makin mempercantik rasa dan penampilan. Selain rasa kuahnya yang mantap, Rawon Setan terkenal karena potongan daging sapinya berukuran besar dan teksturnya empuk ketika digigit.


Awalnya Rawon Setan ini hanya buka di malam hari di emperan toko (warung tenda) sekitar tahun 50-an (konon telah ada sejak jaman revolusi) dengan kebanyakan pembelinya dari pengunjung kafe dan pelayan diskotik yang berada di daerah tersebut. Tapi sejak 2008 Rawon Setan ini sudah mempunyai bangunan sendiri, jam bukanya pun mengalami perubahan dari jam 8 pagi, untuk weekend resto ini tutup sekitar jam setengah 4 pagi.


Beberapa pilihan lauk disediakan untuk pelengkap, seperti tempe goreng, telur asin, telur pindang, empal daging, dan perkedel kentang. Namun di antara semua itu, Rawon Setan paling pas jika disantap bersama telur asin dan kerupuk udang. Jika suka dengan masakan pedas, anda bisa menambahkan sambal ke dalam rawon. Disini ada bisa memesan rawon dengan nasi terpisah maupun campur.

Konon, Kini di kota-kota lain, termasuk di Jakarta dan Bandung, banyak bermunculan warung nasi rawon yang turut menggunakan merek dagang “Rawon Setan”. Namun Rawon Setan Mbak Endang di Jalan Embong Malang ini adalah warung rawon setan yang asli dan pertama ada di Indonesia. Rawon Setan ini pun telah lama menjadi kuliner unggulan Kota Surabaya. Asal mula kata “Setan” itu sendiri karena dulu warung rawon ini baru buka malam pukul 22.00 hingga dini hari. Jam operasionalnya dianggap sama dengan setan yang munculnya di malam hari. Namun sekarang Rawon Setan Mbak Endang ini sudah mulai buka sejak pagi dari pukul 07.30 – 22.00 WIB untuk hari Minggu hinga Selasa, dan 07.30 – 03.30 untuk hari Rabu hingga Sabtu

Inget yaaa, kalo ke sana, jangan lupa makan rawon setan deh..., biar nyicipin rasanya seperti apa. Penasaran, liat deh petanya di bawah ini

Jl. Embong Malang satellite map

Reaksi:

2 komentar:

  1. Bapak mah jangan cuma cerita aja...bungkusin dong rawonnya....hehe

    BalasHapus
  2. kalo tau widya mau, dibungkusin deh....hahaha

    BalasHapus