INFO ANYAR | UAS Mata Kuliah Hukum Bisnis dilaksanakan tanggal 10-06-2016 pukul 14.00 - 15.30 | RKAKL Online Klik Disini | Chek in Online Garuda Klik Disini | Cek Garuda Miles Klik Disini | Materi MK Hukum Bisnis, Lihat Pada Menu Materi Kuliah Hkm. Bisnis |

17 November 2013

Merancang dan Memahami Struktur Webblog

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Setelah anda memiliki akun Blog dan sebelum lebih jauh mengedit atau merubah tampilan blog kita lebih baik mengenal dulu struktur Dasar template blogspot, dengan mengetahui struktur dari template itu kita akan lebih mudah mengembangkan model tampilan layout template kita bagian mana yang ingin kita olah, tapi itu saja sebenarnya belum cukup karena minimal 10% kita juga harus sedikit mengerti tentang CSS (Cascading style sheet) dan HTML (Hyper Text Markup Language) dan juga Javascripts.

Merancang struktur Webblog seharusnya dilakukan pertama kali, sebelum anda mencari disainer web. Hal ini dikarenakan banyak pertanyaan pemula yang akan diajukan mereka adalah, bagaimana memahami struktur blog dan bagaimana mengubah template bawaan blog.

Apa isi utama Webblog
Jika anda kebingungan dengan produk atau jasa yang anda jual, apalagi si pembuat Webblog yang baru pertama kalinya mengenal barang anda. Di sisi lainnya, perubahan struktur Webblog, entah itu pengurangan atau penambahan kategori produk seringkali berakibat pada perubahan layout dan disain web secara keseluruhan.

Struktur Umum Webblog

Kebanyakan Webblog, style templatenya memiliki layout seperti ini :


Mari kita pelajari dulu dari blok yang paling besar sampai pada blok terkecil:
  1. Body : block paling lebar berwarna hijau (pewarnaan bisa menggunakan kode warna pada photoshop) yang merupakan badan dari template (pada dasarnya semua yang terlihat di layar komputer).
  2. Outer-wrapper: kotak berwarna putih yang melapisi bagian template (Body lebih mirip bagian luar template). Pada umumnya, kita membangun sebuah wrapper untuk menempatkan beberapa kotak lebih kecil di dalamnya. Kotak-kotak yang paling umum di dalam outer-wrapper adalah : header, content, dan footer
  3. Header : Kotak ini adalah bagian teratas dari blog (namanya sudah memperlihatkan dengan jelas. Tapi di dalam header kita punya sub-block lain-Header title block, Header description block, dan lainnya contohnya adsense banner, menu bar, dll. Jadi, untuk menggabungkan semua sub-block ini dalam satu kotak besar, kotak paling besar di bagian header biasanya Header-wrapper yang menggabungkan semua di dalamnya.
  4. Content: Di bawah header adalah content wrapper- pada dasarnya ini bagian terpenting dari semua block. Di dalam wrapper ini ada kotak-kotak sidebar (1,2 atau lebih) dan kotak utama ( main block) yang memuat Post, comment, dan beberapa iklan.
  5. Footer : adalah kotak paling bawah dari template. Seperti bagian header, kita juga memerlukan Footer wrapper untuk memuat sub-block yang lain di bagian footer.
  6. Main : Main-wrapper adalah kotak paling lebar dalam content wrapper. Di dalam main-wrapper terdapat Post block, comment block, date header, dan widget lain yang dibuat dari add page element option.
  7. Sidebar : adalah block yang memuat semua side widget- About me, label, archieve, text, Html and Javascript, adsense, dll. Dalam blogger template standard, kita sering menemukan satu sidebar saja, oleh karena itu disebut 2-column template (Main dan sidebar). Tapi sebenarnya mudah menambahkan banyak kolom sidebar. Yang paling banyak setelah satu sidebar adalah 2 sidebar atau 3-column template. Kita akan belajar itu nanti. Setelah mempelajari rangkaian tutorial ini, pertama kita pahami dulu struktur template, nanti akan terasa mudah menambahkan maupun memindahkan sidebar ke bagian kiri atau kanan main block.
  8. Blog Post : block berwarna abu-abu ini memuat isi tulisan terpenting- Judul posting, post, Post author, label, dll.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar