INFO ANYAR | UAS Mata Kuliah Hukum Bisnis dilaksanakan tanggal 10-06-2016 pukul 14.00 - 15.30 | RKAKL Online Klik Disini | Chek in Online Garuda Klik Disini | Cek Garuda Miles Klik Disini | Materi MK Hukum Bisnis, Lihat Pada Menu Materi Kuliah Hkm. Bisnis |

01 Desember 2012

Optimalisasi "LABEL" pada Posting Blog

Setiap kali menyampaikan materi pembuatan blog, walau sudah beberapa kali disampaikan kepada mahasiswaku, apa itu label dan seberapa pentingnya, kadang hal tersebut tetap saja terlupakan oleh mereka. Mungkin sebagai pemula di dunia blogger, LABEL bukan merupakan sesuatu yang sangat penting dalam penataan dan proses indeks dari sebuah tulisan.

Hal lain yang muncul mungkin karena jumlah posting bagi pemula belum begitu banyak sehingga label belum dianggap sesuatu yang sangat sangat membantu dalam menampilkan posting tertata lebih rapih.


Sebelum lebih jauh menjelaskan apa dan bagaimana Optimalisasi "LABEL" pada Posting Blog, perlu difahami apa itu LABEL.


Gambar Area Posting dan Label
Definisi

LABEL pada posting, sebenarnya merupakan kategori dari sebuah tulisan, yang intinya gambaran umum dari tulisan tersebut. Sebuah posting, tentu memiliki kategori dari masing-masing tema yang dibahas. Ketika kita menulis sebuah tema besar misal dengan judul "Optimalisasi LABEL pada Posting Blog", maka label/kategori pada tulisan ini adalah "Tutorial" dan "Blog" (boleh juga ditambahkan).


Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat label/kategori harus memiliki hubungan dengan tema/materi postingan yang anda buat.Cara Penulisannya, Jika jumlah label pada satu posting lebih dari satu maka masing-masing dipisah dengan tanda koma dan spasi, hingga nama label tersebut akan muncul dan terrekam secara otomatis.


Fungsi Label


Adapun fungsi label adalah untuk mengelompokan tulisan berdasarkan kriteria tertentu atau yang memiliki kesamaan topik (kategori). Dengan memberikan label pada postingan akan mempermudah pembaca untuk mengadakan penelusuran dan postingan terkait. Selain itu, fungsi dari label/kategori untuk memuncul fungsi Related Post atau Artikel Terkait. Related Post atau Artikel Terkait tersebut tidak akan terlihat jika posting yang dibuat tidak memiliki label/atau kategori.



Optimalisasi Label
  • Manfaatkan label sebagai menu navigasi berdasarkan kelompok atau kategori posting. Caranya bisa dengan menambahkan widget label dengan berbagai bentuk, bisa berbentuk list, dropdown, could tag, ataupun juga flash animasi. Kita juga bisa memfaatkan label untuk menu horizontal di header. Pemnafaatan tersebut dapat membantu pengunjung atau pembaca blog mencari postingan yang diinginkan sesuai kelompok atau kategori tertentu.
  • Label di Blogger bukan url yang sebenarnya atau bukan permalink, untuk SEO. Maka sebaiknya label jangan diikutsertakan sebagai link yang harus diindeks search engine. Caranya adalah dengan membuat link label bersifat nofollow. Jika kita menambahkan link label secara manual di bagian isi postingan atau sebagai menu navigasi tambahan, bubuhkan fungsi rel=nofollow. Contoh:
<a href="http://gustibogor.blogspot.com/search/label/Materi%20Kuliah" rel="nofollow">Materi Kuliah</a>

  • Jangan terlalu banyak membubuhkan label pada suatu postingan, agar tidak membingungkan pengunjung atau pembaca blog. Usahakan tidak lebih dari 4 label yang digunakan untuk mengkategorikan suatu postingan. Selain itu agar label yang kita ingin optimalkan bisa muncul di breadcrumbs.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar