INFO ANYAR | UAS Mata Kuliah Hukum Bisnis dilaksanakan tanggal 10-06-2016 pukul 14.00 - 15.30 | RKAKL Online Klik Disini | Chek in Online Garuda Klik Disini | Cek Garuda Miles Klik Disini | Materi MK Hukum Bisnis, Lihat Pada Menu Materi Kuliah Hkm. Bisnis |

22 Mei 2012

Hal Penting Lay Out Media Cetak Untuk Promosi


Iklan media cetak adalah merupakan bentuk visual yang terdiri dari unsur-unsur berupa garis, bidang, warna, gambar, foto dan teks, yang menyatu dalam suatu bentuk komposisi yang mempunyai nilai artistik, menarik dan dinamis. Hal tersebut kemudian bisa dijabarkan secara lebih detail sebagai berikut :

Naskah
Naskah merupakan suatu bentuk ukuran tentang produk atau jasa yang berisi gagasan atau ide utama dalam iklan dari suatu proses layout iklan, dan mempunyai elemen-elemen seperti :
  1. Headline Adalah merupakan judul atau kepala tulisan iklan, dan merupakan bagian terpenting dalam iklan media cetak, berdasarkan :
  2. Identification headline, yaitu dalam penerapannya langsung menyebutkan identitas, nama, merk dan produk
  3. Advice of benefit headline, yaitu memberikan janji, nasehat, manfaat dan menerangkan tentang kelebihan dan keunggulan produk secara langsung.
  4. Information or news hedline, yaitu berisi berita dan informasi tentang suatu produk.
  5. Selective headline, adalah penawaran secara langsung yang akan ditujukan kepada konsumen khusus, yang menjadi tujuan pesannya.
  6. Command headline, yaitu isinya bersifat anjuran atau perintah kepada calon konsumen untuk menggunakan produk yang ditawarkan oleh produsen.
  7. Question headline, yaitu judul yang dikemukakan dengan gaya bertanya atau berupa pertentangan kepada konsumennya.
  8. Curioucity or provocative headline, adalah cara untuk membangkitkan suasana kecemasan dan ketakutan pada diri pemirsanya, serta juga mengundang keingintahuan pemirsa terhadap apa yang disampaikan.
  9. Boast headline, adalah sifatnya yang membesar-besarkan atau melebih-lebihkan keunggulan suatu produk.
Sebuah headline dapat dibuat lebih mudah terbaca, menarik perhatian, dan berpengaruh bila cermat dalam menyusun layout iklan, contohnya sebuah judul yang panjang dapat dipisahkan atau disusun.

Teks Iklan

Teks adalah isi iklan, terdiri dari head line, sub judul, harga, nama pengiklan (produsen), serta strapline atau signature slogan. Signature slogan atau strapline merupakan baris penutup (the pay-off line), dan dapat digunakan sebagai alat untuk menciptakan citra produk. Sebagai mana adanya bermacam-macam headline yang dapat kita pilih, demikian pula dengan cara penulisan teks iklan :
a. Emotional :
Kebutuhan emotional adalah dasar dari penampilan diri (self assertion), cinta kasih, seks, persahabatan, (companionship), pemeliharaan diri (self preservation), agar memiliki rasa ingin tahu, keamanan, dan kenyamanan.
b. Factual hard selling :
Merupakan iklan yang khas, tertib mengikuti, dan menerapkan lima point AIDCA. Bersifat kompetitif, persuasif, dan mendorong pembacanya untuk melekukan suatu tindakan.
c. Faktual edukasional
Ini adalah termasuk iklan hard selling, tetapi lebih bersifat informatif.
d. Narasi
Ini adalah merupakan teks iklan yang ditulis dengan gaya enak, akan tetapi hanya bisa digunakan untuk prestise saja.
f. Prestise
Ialah ditulis dengan menggunakan tehnik narasi. Biasanya ditujukan untuk pencapaian tujuan-tujuan kehumasan.
g. Gambar serta keterangannya
Dalam iklan jenis ini biasanya terdapat suatu seri gambar, foto atau image dengan keterangan tertera dibawahnya.
Harga
Konsumen biasanya berharap dicantumkannya harga, sehingga dapat menimbulkan daya tarik sesuai dengan kemampuan konsumen serta kuailitas produk atau jasa.

Body copy
Body copy mempunyai fungsi untuk memperjelas tentang produk serta memberitahukan secara lengkap tentang apa yang dijual, dan penjabaran-penjabaran mengenai kelebihan suatu produk, dan menggambarkan manfaat atau kenikmatan yang diperoleh serta ilustrasi atau gambar yang mendukungnya.

Tipografi
Adalah merupakan seni memilih jenis-jenis huruf dan ratusan jumlah rancangan, menggabungkannya dengan jenis huruf yang berbeda, menggabungkan sejumlah kata yang sesuai dengan jumlah ruang yang tersedia dan menandai naskah untuk proses typesetting. Tipografi yang baik mengarah pada keterbacaan, kemenarikan, dan desain huruf tertentu dan dapat mencipatakan gaya ( style ) menjadi karakteristik subyek yang diiklankan.

Slogan
Slogan merupakan kalimat yang pada umumnya digunakan untuk lebih meyakinkan dan memperkuat sikap calon konsumen untuk memilih suatu produk atau jasa yang ditawarkan. Jadi kalimat atau kata-kata yang harus digunakan harus berbentuk sederhana dan mudah untuk diingat.

Sub judul
Sub judul sangat membantu terhadap desain dan tipografi iklan, jadi sub judul dapat menampilkan kekontrasan dan penekanan, karena dapat dicetak dengan jenis huruf yang berbeda. Kegunaannya adalah untuk :
  1. Menjaga kesan gerakan terhadap mata agar mata dapat terus membaca teks iklan.
  2. Menyediakan kekontrasan tipografi.
  3. Menekan nilai jual.
  4. Membagi iklan menjadi beberapa bagian.
  5. Menampung ketertarikan pembaca.
  6. Menjadikan iklan lebih menarik.
 Sumber :  Rama Kertamukti

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar