INFO ANYAR | UAS Mata Kuliah Hukum Bisnis dilaksanakan tanggal 10-06-2016 pukul 14.00 - 15.30 | RKAKL Online Klik Disini | Chek in Online Garuda Klik Disini | Cek Garuda Miles Klik Disini | Materi MK Hukum Bisnis, Lihat Pada Menu Materi Kuliah Hkm. Bisnis |

04 Agustus 2011

Mengatur dan Merubah Ukuran Template Blog Pengganti

Saat ini, Blogger memang sudah memberikan fasilitas editing template dengan mengklik Perancang Template pada Rancangan Dasboard Blog. Akan tetapi, itu hanya berlaku untuk template bawaan blog. Sementara untuk template yang bukan bawaan, pengaturan ukuran template tidak berlaku.

Dalam template blogger sendiri, juga tak di permasalahkan alias tak mengurangi etika hak cipta blogger jika kita merubah ukuran baik itu lebar tinggi bahkan memodifikasi secara keseluruhan dari template yang blogger berikan. Untuk merubah lebar, baik itu main wrapper atau tempat posting,maupun sidebar bahkan header.

Biasanya kita tidak puas dengan tampilan lebar template atau halaman blog kita karena tidak penuh pada tampilan layar monitor kita, kalau dulu sampeyan harus edit HTML untuk mengatur lebar template blog sampeyan, sehingga kalau kita kurang faham tentang kode-kode CSS atau HTML kita akan kesulitan untuk mengeditnya. Tapi sekarang dengan template desain kita diberi kemudahan oleh Pakde Blogger untuk mengatur lebar template pada halaman blog kita.

Silahkan masuk ke Dasbor pada blog anda, pilih Rancangan kemudian pilih Edit Html. Selanjutnya, anda cari baris kode yang serupa dengan kode di bawah ini (untuk mempercepat pencarian gunakan ctrl+F pada kotak edit HTML). Jangan lupa, sebelum anda ganti ukuran template, centang dulu expand widget template.

#header-wrapper {
width:900px;
margin:0 auto 10px;
border:1px solid $bordercolor;
}

#outer-wrapper {
width: 900px;
margin:0 auto;
padding:10px;
text-align:justify;
font: $bodyfont;
}

#main-wrapper {
width: 435px;
margin-left: 20px;
margin-right: 20px;
float: left;
}

#sidebar-wrapper {
width: 220px;
float: right;
}

#newsidebar-wrapper {
width: 200px;
float: left;
}

Kode yang bercetak berwarna merah, merupakan ukuran lebar dari masing-masing komponen blog, yang anda bisa merubahnya sesuai keinginan.

Hanya sebagai contoh saja, untuk yang lain misal float, padding, dll anda juga bisa merubahnya sesuai keinginan. Untungnya, sekarang di blogger, sebelum kita menyimpan template yang ingin kita rubah, kita bisa melihat PREVIEW alias hasil contoh perubahannya, yang jika kita kurang cocok masih bisa kita batalkan dengan memilih "BERSIHKAN EDIT"(untuk blog berbahasa indonesia).

Jadi ukuran lebar dari kolom template anda bisa anda utak-atik sampai anda menginginkan template seperti apa yang anda inginkan.

0 komentar:

Posting Komentar