INFO ANYAR | UAS Mata Kuliah Hukum Bisnis dilaksanakan tanggal 10-06-2016 pukul 14.00 - 15.30 | RKAKL Online Klik Disini | Chek in Online Garuda Klik Disini | Cek Garuda Miles Klik Disini | Materi MK Hukum Bisnis, Lihat Pada Menu Materi Kuliah Hkm. Bisnis |

05 April 2015

Renungan di 45 Tahun Usiaku

Hari ini, tepat usiaku 45 Tahun. Angka empat lima, kata orang adalah simbol pencapaian sekaligus refleksi dalam kehidupan kita. Bahkan ini adalah lampu kuning dalam kehidupan kita. Pada usia inilah kita mulai ditantang untuk melihat seberapa jauh impian-impian serta hidup kita telah dioptimalkan. Jangan-jangan sampai pada usia ini, Anda masih terus berpikir, "Ah, nanti saja" atau "Masih banyak waktu".

Pada angka ini mestinya Anda mulai melihat adanya pencapaian, perwujudan potensi yang membuat Anda cukup optimistis dengan apa yang telah Anda lewati. Jika belum banyak yang Anda` realisasikan, saatnya bagi Anda untuk tancap gas, lebih bersungguh-sungguh serta 'take massive action' (mengambil tindakan besar/masif yang luar biasa).

Sebab, kalau pada usia ini pun Anda belum melakukannya, ada kemungkinan Anda tidak akan pernah lagi mewujudkannya.

Ingat di usia ini belumlah terlambat. Hanya lampu kuning agar Anda lebih efektif menggunakan waktu Anda. Agar Anda lebih fokus serta lebih serius memikirkan kehidupan Anda.

Apakah dari arti nama tersebut..?? Mungkin anda juga tahu apa arti dari Spirit = semangat 45 = tahun kemerdekaan Republik Indonesia..tanah air ku..hasil dari jerih payah para pahlawan yang tidak bosan memperjuangkan dan mempertahankan Hak dari penjajah.

Spirit 45 semangat berjuangan,dalam menjalani hidup ini membunuh rasa putus asa yang hanya dapat merugikan diri sendiri...untuk apa kita hidup..??? ..jawaban ada pada diri kita masing-masing..!! manusia hidup sudah pasti mempunyai masalah hidup.maka dari itu anggaplah masalah itu sebuah tantangan yang harus bisa kita pecahkan.

Semangat 45 juga identik dengan semngat nasionalisme dan patriotisme. 45-merupakan sumber kehidupan bagi perjuangan bangsa Indonesia yang berisi kekuatan batin dalam merebut kemerdekaan, menegakkan kedaulatan rakyat, serta mengisi dan mempertahankannya. Adapun hal-hal yang terkandung  dalam jiwa semangat ’45 adalah sebagai berikut.
  • Pro Patria dan Primus Patiralis, artinya mencintai tanah air dan mendahulukan kepentingan tanah air.
  • Jiwa solidaritas dan kesetiakawanan dari semua lapisan masyarakat terhadap perjuangan kemerdekaan.
  • Jiwa toleransi atau tenggang rasa antaragama, antarsuku, antargolongan, dan antarbangsa.
  • Jiwa tanpa pamrih dan bertanggung jawab.
  • Jiwa ksatria dan kebesaran jiwa yang tidak mengandung balas dendam.
Maka, nilai-nilai yang terkandung dalam semangat ’45 sebagai perwujudan keikhlasan, menopang diri dan kehidupan manusia untuk :
  • Semangat menentang dominasi asing dalam segala bentuknya, terutama penjajahan dari suatu bangsa terhadap bangsa lain.
  • Semangat pengorbanan seperti pengorbanan harta benda jiwa raga.
  • Semangat tahan derita dan tahan uji.
  • Semangat kepahlawanan.
  • Semangat persatuan dan kesatuan.
  • Percaya pada diri sendiri.

40 - 45 Tahun dalam Islam

“Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang shaleh yang engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang muslim.” (Q.S. al-Ahqâf: 15)

Menurut para mufassir, usia 40 tahun merupakan usia dimana manusia mencapai puncak kehidupannya baik dari segi fisik, intelektual, emosional, karya, maupun spiritualnya. Orang yang berusia 40 tahun benar-benar telah meninggalkan usia mudanya dan beralih menapaki usia dewasa penuh. Apa yang dialami pada usia ini sifatnya stabil, mapan, kokoh. Perilaku di usia ini akan menjadi barometer pada langkah usia selanjutnya.

Dalam laman Tempo.co sebagaimana dikutip situs Huffington Post edisi 12 Maret 2012, menuliskan Para peneliti dari Warwick Medical School di University of Warwick menemukan bahwa partisipan dalam penelitian mereka mengaku memilik kualitas kehidupan mental yang lebih baik ketika mereka mencapai usia pertengahan sementara mengalami penurunan kualitas kehidupan fisik.

Studi ini menganalisis gaya hidup dan pola kesehatan lebih dari 10 ribu orang di Amerika dan Inggris serta meneliti kualitas kehidupan mental dan fisik mereka, maupun status kesehatan mereka dengan melihat faktor-faktor seperti kesehatan secara umum, fungsi sosial, kesehatan mental dan ambang nyeri.

“Sudah jelas bahwa kualitas hidup secara fisik orang yang bertambah usianya semakin memburuk tetapi yang menarik adalah bahwa kesejahteraan mental mereka ternyata tidak memburuk bahkan meningkat,” ungkap Dr. Kanda Ngianga-Bakwin dalam pernyataannya.

“Kami menduga bahwa hal ini terjadi karena kemampuan untuk mengatasi masalah semakin baik ketika seseorang bertambah usia dan cenderung untuk mempunyai mekanisme internal yang lebih baik dalam mengatasi masalah ketimbang orang muda,” kata Dr. Kanda.

40 jadi titik awal evaluasi keberhasilan (life begin at fourthy). Usia 40 tahun dengan demikian adalah usia ketika manusia benar-benar meninggalkan masa mudanya dan beralih menapaki masa dewasa penuh yang disebut dengan usia dewasa madya (paruh baya) atau kuhulah. Hal ini sesuai dengan pendapat pakar psikologi seperti Elizabet B. Hurlock, penulis “Developmental Psychology”. Katanya, “masa dewasa awal” atau “early adulthood” terbentang sejak tercapainya kematangan secara hukum sampai kira-kira usia 40 tahun. Selanjutnya adalah masa setengah baya atau “middle age”, yang umumnya dimulai pada usia 40 tahun dan berakhir pada usia 60 tahun. Dan akhirnya, masa tua atau “old age” dimulai sejak berakhirnya masa setengah baya sampai seseorang meninggal dunia. Fasenya, Ibnu Qayyim Al-Jauziyah menyebut periode kanak-kanak itu mulai lahir hingga baligh, muda mulai dari usia baligh sampai 40 tahun, dewasa usia 40 tahun sampai 60 tahun, dan usia tua dari 60-70 tahun.

Dalam hadits dijelaskan "Seorang hamba muslim bila usianya mencapai empat puluh tahun, Allah akan meringankan hisabnya (perhitungan amalnya). Jika usianya mencapai enam puluh tahun, Allah akan memberikan anugerah berupa kemampuan kembali (bertaubat) kepada-Nya. Bila usianya mencapai tujuh puluh tahun, para penduduk langit (malaikat) akan mencintainya. Jika usianya mencapai delapan puluh tahun, Allah akan menetapkan amal kebaikannya dan menghapus amal keburukannya. Dan bila usianya mencapai sembilan puluh tahun, Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan dosa-dosanya yang belakangan, Allah juga akan memberikan pertolongan kepada anggota keluarganya, serta Allah akan mencatatnya sebagai “tawanan Allah” di bumi. (H.R. Ahmad).

Dalam dunia karir, nabi Muhammad mulai mengemban misi kenabian. Begitu juga dengan para pemimpin negara, di banyak negara ditetapkan, untuk menduduki jabatan-jabatan elit yang strategis, seperti kepala negara, disyaratkan bakal calon harus telah berusia 40 tahun. Masyarakat sendiri tampak cenderung baru mengakui prestasi seseorang secara mantap tatkala orang itu telah berusia 40 tahun. Soekarno menjadi presiden pada usia 44 tahun. Soeharto menjadi presiden pada umur 46 tahun. J.F. Kennedy 44 tahun. Bill Clinton 46 tahun. Paul Keating 47 tahun. Sementara Tony Blair 44 tahun.


Penutup

Jika Anda berusia di bawah 17 tahun, ini menjadi renungan bagi Anda bagi masa depan Anda nanti. Jikalau Anda berusia lebih dari 45, ketahuilah ini menjadi lampu kuning bagi Anda bahwa waktu produktif Anda semakin redup. Sementara bagi Anda yang berusia 17 hingga 45, life to your fullest, gunakan potensi Anda seluas-luasnya. Itulah masa terbaik bagi Anda untuk belajar, berkarya serta menunjukkan potensi-potensi Anda.

Semangat 45 adalah sikap dimana seseorang tidak gampang menyerah,tetap berusaha,dan tetap bersemangat menjalani hal apapun yang bersifat positif.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar