INFO ANYAR | UAS Mata Kuliah Hukum Bisnis dilaksanakan tanggal 10-06-2016 pukul 14.00 - 15.30 | RKAKL Online Klik Disini | Chek in Online Garuda Klik Disini | Cek Garuda Miles Klik Disini | Materi MK Hukum Bisnis, Lihat Pada Menu Materi Kuliah Hkm. Bisnis |

05 April 2012

Membangun Toko Online dengan Blogger

Toko Online memberikan kemudahan karena kita bisa bertransaksi kapan saja, dan dimana saja. Sambil membuka komputer di kantor kita masih bisa membuka situs toko online. Begitu juga saat sedang dalam kemacetan, atau sambil santai nonton TV. Apalagi sebagian toko online menyediakan versi mobilenya sehingga dapat diakses dari gadget yang banyak macamnya. Kemudahan ini semakin dirasakan karena semakin banyaknya fitur pendukung seperti jasa pengiriman, internet banking, SMS Banking, Paypal, Google Checkout, Credit Card, push mail, BBM, dll yang memudahkan komunikasi dan transaksi sehingga toko online semakin nyaman sebagai pilihan bertransaksi.

Toko Online adalah bentuk tiruan toko riil di internet dan kelebihannya:

1. Investasi awal sangat murah
Hanya perlu website dan akses internet. Jika ingin terkesan profesional, belilah Domain (Rp.90an ribu) dan sewa Host (Rp100an ribu). Tidak perlu karyawan, sewa tempat, perizinan etc.
2. Menjual dengan cara mudah, cepat dan profesional
Biarkan sistem bekerja, Anda hanya perlu mengelola Toko Online dan menjalankan bisnis online. Dagangannya bisa apa saja.  Jam buka 24 jam sehari 7 hari seminggu.
3. Berbelanja lebih mudah
Buyer hanya perlu mengikuti prosedur order. Klik “Order” transfer uang dan konfirmasi pembayaran, maka barang akan dikirim. Cara ini disukai konsumen.
Karakter spesifik Toko Online
4. Membutuhkan tingkat kepercayaan tinggi
Komunikasi via email atau celluler tanpa tatap muka, maka Toko Online perlu memberi pelayanan terbaik dan jujur.
5. Membutuhkan Biaya pengiriman dan waktu lebih lama
Jangkauan pasar sangat luas sehingga membutuhkan jasa ekspedisi.
Sebelum saya jelaskan lebih jauh bagaimana membangun sebuah toko online, ada beberapa hal yang harus diketahui dengan struktur dari sebuah toko online. Yang saya maksudkan dengan struktur disini adalah bahwa sebuah toko online harus memiliki beberapa hal penting karena berkaitan dengan penjualan. Beberapa hal yang harus tampil dalam sebuah toko online adalah :
  1. Template yang dinamis dan menarik
  2. Tampilan gambar produk
  3. Daftar Harga
  4. Formulir Pemesanan Barang
  5. Menampilkan Kontak Person baik dengan Yahoo Massenger, G-Talk, No. Telp/HP
  6. Rekening Pembayaran (Bank yang ditunjuk)
  7. Keranjang/Kantong Pemesanan.
  8. Mencantumkan perusahaan jasa ekspedisi
  9. Jika diperlukan Berikan layanan (form) Testimoni
Hingga saat ini, sudah banyak template yang XML nya memang dibangun sangat user friendly dengan blogspot yang langsung bisa diterapkan untuk toko online. Namun sayang masih belum gratisan, alias template tersebut berbayar dengan variasi harga yang beragam, mulai dari Rp. 50.000,- hingga Rp. 200.000,- Tampilan dinamis dan mudah diikuti karena pada dasarnya bagi para blogger cukup mudah mengikuti.

Akan tetapi, bukan berarti bahwa kita tidak bisa mengotak-atik template gratis menjadi sebuah toko online. Tentunya, dengan berbekal ketekunan, keyakinan dan kemauan serta sedikit kerja keras, pasti kita mampu untuk membangun toko online walaupun berbasis template gratis.

Agus Munawar mengatakan bahwa kelebihan membuat toko online pakai blogspot diantaranya:
  • tidak perlu bayar biaya hosting bulanan!
  • Tidak perlu bayar domain tahunan!
  • Blogspot adalah anaknya GOOGLE, dan otomatis diprioritaskan untuk hasil pencarian.
  • Toko online blogspot sangat SEO friendly!
  • Toko online blogspot sangat mudah di gunakan
  • Membuat Toko Online Blogspot Gratis Mengalahkan Yang Berbayar
  • Tidak perlu mengerti bahasa pemrograman dan pengkodean seperti HTML, CSS, dan segudang bahasa HTML
  • Tidak Perlu Membayar Mahal untuk beli script, domain tahunan, dan hosting bulanan
  • Tidak perlu capek mikirin bikin database
 

1 komentar:

  1. Menginginkan agar bisa kuat tahan lama dalam berhubungan intim, kira-kira 5-8 jam, segera miliki Obat Kuat Herbal ini. Semua produk-produk kami RESMI, Aman dan tentunya khasiatnya dahsyat.

    Bikin sang istri kewalahan.

    Ingin baca lengkap uraian Produknya dan ingin tahu bagaimana cara Ordernya? Baca lengkap di : Obat Kuat Herbal FOREDI Gel Ampuh




    SEGERA BELI DAN PUASKAN PASANGAN ANDA MALAM INI JUGA!!!


    Salam


    Sukses


    BalasHapus