INFO ANYAR | UAS Mata Kuliah Hukum Bisnis dilaksanakan tanggal 10-06-2016 pukul 14.00 - 15.30 | RKAKL Online Klik Disini | Chek in Online Garuda Klik Disini | Cek Garuda Miles Klik Disini | Materi MK Hukum Bisnis, Lihat Pada Menu Materi Kuliah Hkm. Bisnis |

28 Maret 2012

Komponen Penting dalam Web Toko Online


Membuat sebuah took online, pada dekade ini merupakan alternative terbaik dibandingkan dengan membuat toko nyata. Banya contoh yang bias kita lihat keberhasilan para netter yang memilih membuat toko secara virtual. Kita tidak perlu lagi membahas apa dan bagaimana manfaat membuat toko online. Tulisan kali ini lebih mengedepankan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum kita memulai membuat sebuah toko online.

Menampilkan katalog produk, menyediakan keranjang belanja, dan memfasilitasi beragam cara pembayaran! adalah umumnya beberapa komponen yang ada pada sebuah situs E-commerce. Namun tidak hanya sebatas hal pokok diatas, desain situs e-commerce mencakup lebih detil lagi beberapa komponen berikut ini.

Deskripsi Produk
Sebaiknya berikan informasi yang mendetil tentang produk. Buatlah informasi produk anda membujuk pengunjung untuk membeli. Bisa juga dijelaskan tentang kelebihan spesifik produk yang anda jual
Buatlah deskripsi sedetil mungkin tentang produk yang anda jual, sehingga pengunjung mendapatkan gambaran yang jelas tentang produk anda.

Gambar Produk
Sebagian besar produk memiliki daya tarik visual, khususnya produk yang dijual di toko fashion misalnya. Sehingga gambar sebuah produk yang indah, modis, menarik adalah bagian terpenting dari sebuah situs e-commerce.
Tapi, tidak semua gambar yang ditampilkan di situs e-commerce atau situs toko online dengan cara yang sama.  Misalnya beberapa barang yang perlu untuk ditampilkan dalam keadaan dikenakan pada sebuah atau seorang model.  Sebuah gambar baju tidak akan terlihat menarik jika terhampar di atas sebuah meja misalnya. Mungkin jauh lebih menarik bila menampilkan gambar baju yang dikenakan pada seorang model, atau setidaknya dikenakan pada sebuah patung tubuh manusia..
Demikian pula, beberapa produk terlihat bagus hanya jika sedang dikenakan pada produk lainnya. Misalnya, sebuah ikat pinggang akan terlihat lebih menarik jika dilingkarkan pada sebuah celana panjang.
Tidak hanya tentang bagaimana gambar produk ditampilkan, tapi juga berapa banyak gambar sebuah produk ditampilkan. Mungkin kita perlu menampilkan gambar produk terlihat dari samping, terlihat dari belakang, terlihat dari atas, dan bahkan terlihat dari bawah. Menampilkan gambar produk dari segala sisi adalah cara memperlihatkan lebih detil tentang produk yang kita jual, agar calon konsumen online kita menjadi lebih paham.

Harga
Umumnya akan ada biaya tambahan selain harga produk yaitu: biaya kemasan, biaya kirim, pajak barangkali. Tentu, kita harus transfaran dengan jenis-jenis biaya tambahan ini.
Semua biaya tersebut harus dijelaskan dengan transfaran, Jangan sampai kita secara sepihak menambahkan biaya diakhir proses pembelian.

Menu Navigasi
Besar kemungkinan pengunjung tidak segera menemukan produk yang mereka cari ditampilkan di homepage situs. Karena itu pengunjung akan melakukan proses pencarian produk yang mereka inginkan. Berikan kemudahan, sehingga proses menemukan produk yang mereka inginkan tidak harus memaksa mereka terlaku banyak melakukan klik.
Tidak hanya itu. Semua navigasi menu, menu drop-down, sidebar, dan sejenisnya, harus intuitif dan user-friendly. Karena itu membuat daftar kategori produk di sidebar adalah pilihan yang baik untuk dilakukan.

Informasi Kontak
Ini menjadi hal yang sangat penting sekali dalam sebuah situs e-commerce. Ada banyak kemungkinan pengunjung akan perlu mengetahui siapa atau apa yang mengelola situs E-commerce yang mereka kunjungi.
Kita harus menampilkan alamat kita, alamat email, nomor telephone  yang selalu bisa dihubungi, dan buatlah semua itu mudah diakses oleh pelanggan kita.

Layanan Pelanggan
Pelanggan tentu perlu dilayani - sebelum dan sesudah penjualan. Beberapa dari mereka membutuhkan informasi lebih lanjut, yang lainnya barangkali perlu untuk mendiskusikan kebutuhan khusus mereka. Kita perlu membuat pelanggan kita mudah menghubungi kita.
Seperti layaknya toko offline, Situs online juga memiliki jam menerima layanan dan jam tutup layanan. Kita tidak mungkin menerima layanan misalnya jam 02:00 dinihari, sementara saat itu biasanya kita sedang terlelap tidur.  Kita perlu menuliskan di homepage tentang jam "buka" toko online kita.

Kebijakan Pengembalian Barang
Beberapa barang yang kita jual barangkali akan dikembalikan dikarenakan tidak sesuai dengan apa yang dikehendaki konsumen, bisa berupa salah ukuran, salah warna, atau memiliki cacat, atau rusak selama pengiriman. Penting menuliskan hal ini di situs e-commerce,
Tentu saja, kita tidak harus menerima semua pengembalian tanpa memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Harus ada alasan yang masuk akal di balik keputusan kita untuk menerima / menolak mengembalikan, dan dasar pemikiran yang harus diambil dalam kebijakan pengembalian. Penjelasan tentang Kebijakan ini harus mudah dipahami oleh konsumen.

Kebijakan Privasi
Tidak seperti beberapa jenis website iain, pelanggan biasanya mengungkapkan banyak informasi ke situs e-commerce. Sejak dari awal proses pembelian, pembayaran hingga pengiriman, pengelola situs e-commerce akan mengetahui banyak informasi tentang konsumen, tahu alamat jalan pelanggan, dan informasi kartu kredit. Selain itu, informasi tentang kebiasaan dan preferensi juga dapat ditangkap.
Semakin banyak informasi, semakin besar potensi penyalahgunaannya. Setiap situs e-commerce harus membuat satu kebijakan dengan jelas tentang privasi pelanggan..

Opsi Pembayaran
Kartu kredit adalah pilihan pembayaran yang populer pada website e-commerce. Tapi ia bukan satu-satunya alat pembayaran. Sebuah bisnis e-commerce juga bisa menerima cek, kartu debit, debit langsung ke rekening bank, transfer bank, dan pembayaran saat pesanan sampai ke tangan konsumen. Dan kemudian bisa pula menyediakan pilihan untuk membayar dengan angsuran, dengan atau tanpa bunga. Sebagai bisnis e-commerce, memberikan opsi pembayaran yang luas merupakan cara terbaik.

Testimoni
Dalam sebuah toko online, form TESTIMONI menjadi sangat penting untuk menguatkan keberadaan toko online kita. Testimoni sendiri memiliki arti pengungkapan kekaguman dan penghargaan. Dari pengertian tersebut, jelas jika form tersebut tersedia, akan meningkatkan rank penjualan baik kepada calon pelanggan (newbist) ataupun mempertahankan kepercayaan pelanggan lama. Ingat...bisnis online itu menekankan pada nilai kepercayaa.
Pilihan Pengiriman Produk
Ada banyak jasa pengiriaman paket di Indonesia ini yang bisa kita gunakan untuk mengirimkan produk pesanan konsumen. Pastikan alamat pengiriman barang yang dipilih konsumen bisa dijangkau oleh layanan jasa pengiriman barang, dan ini harus dipastikan sebelum konsumen melakukan pembayaran.

0 komentar:

Posting Komentar